Kamis, 18 Agustus 2016

PEREDARAN DARAH











Laporan Praktikum Biologi
PEREDARAN DARAH

Oleh:
Nama                           :Miswar Rahmad
NIM                            : 1205106010072
Kelompok                   : 1 (Satu)
Kelas                           : Jumat, (14.00)
Tanggal Percobaan      : 28 Oktober 2012






Mengetahui,                                                                Darussalam, 31 Oktober 2012
Asisten                                                                       Praktikan,


Khairul Andrian)                                                        (Miswar Rahmad)



I.                   TINJAUAN PUSTAKA
Peredaran darah pada manusia selalu berada di dalam pembuluh. Peredaran darah ini disebut peredaran darah tertutup. Sistem peredaran darah tertutup tidak hanya pada manusia saja tapi juga pada semua vertebrata (hewan bertulang belakang). Jadi pada system peredaran darah tertutup, darah tidak pernah langsung masuk ke dalam jaringan tubuh, tapi melewati pembuluh-pembuluh darah.. Sistem peredaran darah terbuka umumnya terjadi pada hewan  invertebrata. (hewan  tak bertulang belakang) . Pada sistem peredaran darah terbuka, darah  memasuki jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh darah (Mikrajuddin, 2006).
Sistem peredaran darah pada ikan adalah peredaran darah tertutup dan peredaran darah tunggal. Pada sistem  peredaran darah tunggal, darah  hanya sekali melewati  jantun g dalam sekali peredaran. Jantung ikan terdiri dari dua ruang, yaitu satu ventrikel (bilik) dan satu atrium (serambi). Di antara atrium dan ventrikel terdapat klep yang akan mengalirkan darah ke atrium dan ventrikel (Saktiyono.2004.)
Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh darah yang membawa darah bersih yang mengandung banyak oksigen ke jaringan-jaringan tubuh. Aliran ini cepat dalam mengalirkan darah. Sedangkan pembuluh balik (vena) adalah pembuluh darah yang membawa darah kotor yang lebih banyak karbon dioksidanya dan hanya sedikit oksigen. Dalam mengalirkan darah, pembuluh ini agak lebih lambat dari pembuluh arteri (Diah, 2004).






II.                PEMBAHASAN
Dalam diri seorang manusia terdapat suatu cairan yang dinamakan darah, pada dalam diri manusia Sistem peredaran darah merupakan alat suatu sistem transportasi yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen serta zat makanan ke dalam seluruh lapisan sel tubuh manusia serta dapat juga mengangkut karbon dioksida dan zat sisa ke dalam suatu organ pengeluaran. Darah juga mempunyai fungsi yang baik dalam tubuh manusia seperti mengangkut zat makanan serta mengangkut zat metabolisme juga, mengedarkan hormon kedalam seluruh lapisan tubuh manusia, menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.
Sistem peredaran pada pisces adalah peredaran tungal yaitu, darah  hanya sekali melewati  jantung dalam sekali peredaran. Jantung ikan terdiri dari dua ruang, yaitu satu ventrikel (bilik) dan satu atrium (serambi). Di antara atrium dan ventrikel terdapat klep yang akan mengalirkan darah ke atrium dan ventrikel. Darah  kotor dari sistem kapiler mengalir masuk ke atrium dan selanjutnya mengalir ke ventrikel. Darah dari ventrikel di pompa keluar dari jantung menuju insang melalui aorta ventralis yang kemudian bercabang-cabang membentuk arteri. Selanjutnya darah masuk ke insang melalui artri eferen brankialis. Darah tersebut banyak mengandung CO2. Di dalam insang, CO2 dibebaskan dalam air dan O2 berdifusi dari air ke dalam insang sehingga darah  yang meninggalkan insang adalah darah bersih yang banyak mengandung O2. Melalui aorta dorsalis, darah diedarkan ke seluruh tubuh. Darah dari tubuh bagian depan kembali ke jantung melalui vena kardinalis anterior dan vena kardinalis posterior.
Sistem peredaran pada aves hampir sama dengan manusia. Sistem ini dibangun oleh jantung dan pembuluh darah. Jantung aves terdiri dari serambi kiri dan serambi kanan serta bilik kiri dan bilik kanan. Dan diantara ruang tersebut dibatasi sekat yang sempurna  sehingga drah yang banyak mengandung karbon dioksida dan darah yang banyak mengandung oksigen tidak bercampur. Peredaran darah aves adalah peredaran darah ganda (peredaran ini melewati jantung sebanyak 2 kali) dan tertutup. Darah dari vena kava masuk ke atrium kanan, lalu ke ventrikel kanan. Kemudian, darah dipompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Darah dari paru-paru kembali ke atrium kiri melalui vena pulmonalis, lalu menuju ventrikel kiri. Di ventrikel kiri darah dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.
Sistem peredaran darah ada 2 yaitu peredaran darah terbuka dan peredaran darah tertutup. Pada sistem peredaran darah terbuka, darah  memasuki jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh darah. Sistem peredaran darah terbuka terdiri dari jantung sebagai pusat peredaran darah, sejumlah sinus (rogga), dan sejumlah arteri. Sedangkan sistem peredaran darah tertutup merupakan sistem peredaran darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
Pembuluh darah dapat dibagi menjadi 2 yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi adalah merupakan pembuluh darah yang membawa darah keluar dari jantung menuju kapiler. Pembuluh nadi yang paling besar bernama  aorta,yang fungsinya untuk mengalirkan darah dari jantung sebelah kiri menuju ke seluruh lapisan sel tubuh. Pembuluh nadi yang mengalirkan darah dari bilik kanan menuju ke paru-paru disebut dengan arteri paru-paru (arteri pulmonalis). Ciri-cirinya dinding pembuluhnya tebal, kuat dan elastic, aliran darahnya meninggalkan jantung, denut terasa, dan jika terluka darah memancar.
Sedangkan pembuluh balik(vena) adalah pembuluh yang mengalirkan darah kembali ke jantung. Vena terdiri atas vena pulmonalis atau pembuluh balik yang mengalirkan darah dari paru-paru menuju ke serambi kiri jantung serta vena cava anterior dan vena cava inferior atau  yang mengalirkan darah yang banyak mengandung karbon dioksida dari tubuh bagian atas dan bagian bawah menuju ke serambi kanan jantung. Ciri-cirinya dindingnya tipis da tidak elastic, aliran darah menuju jantung, denyutnya tidak terasa, dan jika terluka darah tidak memancar.
Kebersihan pada diri dan lingkungan belum sepenuhnya saya terapkan. Masih ada buang sampah sembarangan. Baju kadang-kadang jarang ganti. Tapi ketika ada sampah di depan mata, kadang saya membuangya. Tapi saya punya keinginan untuk  menerapkan kebersihan pada diri saya dan untuk kebersihan pada lingkungan sekitar.










III.             KESIMPULAN
Adapun kesimpulan yang dapat diambil:

1.      Peredaran darah yang selalu berada di dalam pembuluh peredaran darah tertutup.
2.      Pada sistem peredaran darah terbuka, darah  memasuki jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh darah.
3.      Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh darah yang membawa darah bersih yang mengandung banyak oksigen ke jaringan-jaringan tubuh.
4.      Sedangkan pembuluh balik (vena) adalah pembuluh darah yang membawa darah kotor yang lebih banyak karbon dioksidanya dan hanya sedikit oksigen.
5.      Sistem peredaran darah pada ikan adalah peredaran darah tertutup dan peredaran darah tunggal. Pada sistem  peredaran darah tunggal, darah  hanya sekali melewati  jantun g dalam sekali peredaran.
6.      Sistem peredaran pada aves hampir sama dengan manusia. Sistem ini dibangun oleh jantung dan pembuluh darah. Jantung aves terdiri dari serambi kiri dan serambi kanan serta bilik kiri dan bilik kanan.









DAFTAR PUSTAKA
Mikrajuddin, 2006. IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 2A. Erlangga, Jakarta
Saktiyono.2004.IPA Biologi 2. Erlangga, Jakarta.
Diah, A. 2004. Biologi 2. Erlangga, Jakarta.
Karmana, O. 2006. Biologi untuk Kelas XI. Grafindo, Bandung.
Wijaya, A. 2006. Biologi VII. Grafindo, Bandung.      




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post

Comments system

Disqus Shortname

Flickr User ID